Selasa, 06 April 2010

Pupuk Langka, Petani Resah

Liputan6.com, Serang: Memasuki musim tanam, para petani padi di Serang, Banten, Selasa (6/4), dilanda keresahan dan kebingungan, menyusul menghilangnya Pupuk ZA bersubsidi dari sejumlah koperasi dan distributor pupuk di daerah tersebut. Wilayah yang paling dirasakan menghilangnya pupuk, adalah kabupaten dan Kota Serang.

Royani, seorang petani di daerah Cipocok Jaya, Serang, mengatakan, sudah dua pekan ini mencari pupuk ke sejumlah pengecer dan distributor, namun selalu kosong, meskipun ada, harganya melonjak tajam. Selain kelangkaan pupuk, Royani juga mengeluhkan kebijakan Dinas Pertanian Provinsi Banten, yang hanya memberikan sedikit pupuk bersubsidi ke petani melalui koperasi, akibatnya jumlah pupuk tak sebanding dengan luas area persawahan.

Selain itu, petani juga mengeluhkan tidak adanya program pompa air menjelang memasuki musim kemarau tahun ini. Para petani mengaku hanya bisa pasrah dengan kelangkaan ini, sebagian dari mereka tetap menanam, dan menggantinya dengan pupuk kandang. Sedangkan hingga kini pihak Dinas Pertanian setempat, belum melakukan upaya pengadaan pupuk melalui operasi pasar.(ARL)

Sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20100406/tpl-pupuk-langka-petani-resah-9c562ac.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar